Senin, 19 Februari 2018

5 Masalah Genset dan Cara Mengatasinya


Klik Web - Genset adalah bentuk dari sebuah mesin diesel. Pasti ada masalah dalam penggunaannya. Jadi, memutuskan membeli genset pun juga harus tahu apa resiko yang akan kita hadapi. Ada biaya perawatan dan juga perbaikan. Namun jika kita membeli genset di toko yang jual Genset dengan layanan berkualitas, maka kita membeli suku cadangnya sekalian atau saat ada masalah pada genset pun bisa langsung datang.

Layaknya mesin diesel pada umumnya yang terdiri dari komponen yang rumit. Penggunaan yang sudah hati-hati saja masih menemukan masalah, apalagi jika penggunaannya asal-asalan. Hal ini penting untuk diperhatikan.

Berkonsultasi terlebih dahulu kepada orang terdekat yang paham tentang genset atau mesin diesel sebelum memutuskan untuk membeli genset. Hal ini sangat perlu untuk dilakukan, mengingat kebanyakan dari kita hanya tahu fungsi genset saja. Saat genset bermasalah, maka kita akan kelabakan dan menyerahkan sepenuhnya kepada ahli servisnya. Padahal jika kita sedikit paham tentang masalah yang ada pada genset, maka setidaknya bisa membayangkan tindakan apa yang harus dilakukan atau tindakan apa yang nantinya akan dilakukan oleh ahli service.

5 Masalah Genset dan penanganannya
Para pemilik toko yang jual genset hanya akan menjajakan dagangannya. Menyediakan berbagai macam merek genset yang nantinya bisa dipilih oleh konsumen. Untuk perawatan lebih lanjut maka hanya konsumen sendiri yang akan mengetahuinya. Untuk itulah berikut ada 5 macam masalah pada genset dan cara mengatasinya:
  1. Genset macet, tidak bisa distarter, sehingga tidak bisa dinyalakan. Penyebab terbesarnya adalah karena isi ACCU sudah habis, jadi harus dicek isinya. Untuk menghindari masalah ini, maka akan lebih baik bagi kita untuk mengisi ulang ACCU yang sekiranya sudah hampir habis, sehingga tidak kecolongan sampai kehabisan.

    Selain karena ACCU yang habis, penyebab lainnya adalah karena masalah kabel. Kemungkinan ada kabel yang tidak tersambung dengan maksimal atau malah ada kabel yang putus. Segera lakukan tindakan. Jika bisa menghubungkannya sendiri, cukup ditangani sendiri. Namun jika tidak bisa, segera panggil ahlinya.
  2. Masalah mesin genset yang tiba-tiba mati. Hal inilah yang akan membuat kita tiba-tiba panik. Sebenarnya penyebabnya adalah adanya air pada tangki bahan bakar. Untuk segera memnuat genset menyala, maka kita harus membuang air tersebut. Faktor penyebab yang kedua adalah kemungkinan adanya penyumbatan pada lubang ventilasi dan saringan bahan bakar.

    Cara mengatasinya adalah segera membuang sumbatan tersebut. Secara umum, agar genset tidak gampang mati atau eror, maka kita harus memastikan bahwa lokasi penempatan genset ini memiliki ventilasi udara yang cukup.
  3. Kerusakan genset yang disebabkan oleh kelebihan arus yang dikeluarkan. Hal inilah yang harus diwaspadai dengan betul. Pada katalog para yang disediakan di toko yang jual genset selalu lengkap dalam menginformasikan daya arus pada setiap produk genset. Kita harus mematuhinya, dan tidak perlu menambah arusnya dengan modifikasi-modifikasi pada genset. Jika arus listrik yang dihasilkan berlebihan, maka akan membuat kinerja mesin genset terlalu berat. Akibatnya genset rawan untuk bermasalah.
  4. Genset bermasalah karena adanya gangguan isolasi. Hal ini berhubungan dengan komponen-komponen yang ada di dalam mesin, yakni kemungkinan adanya kumparan yang berlebihan, tegangan mesin yang terlalu tinggi, mesin terlalu panas, getaran yang juga terlalu tinggi frekuensinya, dan masih banyak lagi yang lainnya. Solusinya adalah rajin mengecek kondisi mesin genset baik dilakukan sendiri atau menggunakan jasa servis genset.
  5. Ketidakseimbangan juga bisa menjadi faktor timbulnya masalah pada genset. Hubungamnya adalah pada generator mesin, di mana kemungkinan ada kebocoran atau kinerja generator yang tidak maksimal. Harus segera dibenahi oleh ahlinya pastinya.
Banyak masalah eror yang kemungkinan dialami oleh genset. Sebesar dan setangguh apapun mesin genset, jika perawatannya tidak bagus, maka akan banyak masalah yang menyertainya. Bahkan dengan perawatan yang bagus pun masih banyak masalah yang terjadi.

Langkah awal bagi kita yang masih awam adalah memilih produk genset yang bermerek. Mahal tidak masalah asalkan kualitasnya terjamin. Produk yang mahal memiliki ketahanan yang tinggi, sehingga tidak gampang rusak. Pilih toko yang jual Genset resmi dengan produk-produk orisinilnya.

Mempertimbangkan pemilihan genset dengan memperhatikan mana toko yang jual genset terbaik adalah modal awal kita sebagai antisipasi. Pilih yang memiliki pelayanan terhadap penggantian suku cadang dan juga pelayanan akan perbaikan atau servis.


EmoticonEmoticon